APBI-ICMA Members Gathering : Jcoal Presentation "Coal Technologies Seminar “

Sebagai  kegiatan rutin, APBI-ICMA  telah mengadakan Members Gathering pada tanggal  5 September  2019  dengan   mengundang  pemateri  dari  Jcoal dengan  tema  “Coal Technologies Seminar” .  Dalam kesempatan ini  tim Japan Coal Energy Center (Jcoal)  yang hadir adalah  Masafumi Uehara (Asistant Secretary  General) dan  Nobuhiro  Koyanagi (Program Manager).

Seminar dengan tema “Coal Technologies Seminar” ini  dilakukan sebagai follow up MoU yang telah ditandatangani  bersama dimana salah  satu poin kerjama ini adalah mengurangi  pencemaran lingkungan  dari pemakaian batubara. Diharapkan dengan teknologi  yang diinformasikan  oleh Japan Coal Energy Center (Jcoal) dari Jepang ini mampu  mengatasi beberapa persoalan  lingkungan yang  ditimbulkan karena penggunaan batubara.

Dalam presentasi yang pertama  Nobuhiro  Koyanagi  menyampaikan  presentasi  dengan  judul : “Introduction of Coal Preparation Technologies”.  Teknologi yang disampaikan dalam presentasi ini  mengenai  proses  pembersihan batubara  dari beberapa material  yang menempel pada  batubara. Sistem  pemisahan  yang digunakan melalui sistem perbedaan konsentrasi gravitasi , dimana batubara dan material  yang menempel pada batubara  mempunyai grafitasi  yang berbeda, sehingga  melalui beberapa treatment  yang berdasarkan perbedaan kosentrasi  gravitasi maka bisa dilakukan proses pembersihan  pada batubara. Beberapa metode dalam proses pembersihan batubara yang telah digunakan  pihak  Jcoal saat ini antara lain “Dense  Medium Bath”,  “Dense Medium Cyclone”,  “JIG”, “Spiral”.

Presentasi kedua  disampaikan oleh Masafumi Uehara  dengan materi  “coal-ash utilization in Japan”. Poin utama presentasi ini adalah perluasan  penggunaan  ash batubara di beberapa industri di Jepang.  Saat ini ash batubara  telah dimanfaatkan dengan baik di Jepang  pada industri semen (70%), industri sipil (15%), industri kontruksi (5%), industri agrikultur, kehutanan, dan perikanan (1%)  dan industri  lainnya (9%).

Sebagai mana diketahui sebelumnya   bahwa APBI-ICMA telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Japan Coal Energy Center (JCOAL) pada 18 Juli 2018 terkait isu lingkungan, pengembangan sumber daya dan pemanfaatan batubara.

Adapun tujuan kerjasama tersebut untuk berbagi informasi terkait isu lingkungan, pengembangan sumber daya dan pemanfaatan batubara melalui program pelatihan, diskusi dan bertukar informasi agar dapat di implementasikan pada bisnis di Indonesia.

Kegiatan FGD/Seminar yang akan dilaksanakan dibagi menjadi 3 fokus, antara lain dengan topik:

1. Environmentaly compliant and effective fly ash and bottom ash utilization

2. Co-combustion of coal and biomass

3. Prevention of spontaneous combustion of low rank coal

Related Regular News: