Bukit Asam (PTBA) targetkan proyek gasifikasi batubara beroperasi akhir 2023

Sumber :  https://investasi.kontan.co.id/news/bukit-asam-ptba-targetkan-proyek-gasifikasi-batubara-beroperasi-akhir-2023

KONTAN.CO.ID  30/1/2020  memberitakan bahwa kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung penuh program gasifikasi batubara yang dilakukan PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Dalam program ini, PTBA menggandeng Air Products & Chemicals, Inc, sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Hilirisasi batubara ini diharapkan dapat beroperasi di akhir 2023.

Hilirisasi batubara diyakini dapat mengurangi nilai impor gas Indonesia hingga sekitar US$ 1 miliar per tahun. Total investasi untuk pengembangan gasifikasi ini US$ 3,2 miliar, dimana Air Products bertindak sebagai investor di bisnis upstream dan downstream.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin mengatakan batubara berkalori rendah akan diubah menjadi produk lain yang memiliki nilai tinggi dengan menggunakan teknologi gasifikasi.

“Teknologi ini akan mengkonversi batubara muda menjadi syngas untuk kemudian diproses menjadi Dimethyl Ether (DME), Methanol, dan Mono Ethylene Glycol (MEG),” tulis Arviyan dalam rilis, Kamis (30/1).

Hilirisasi batubara ini direncanakan akan memproduksi 1,4 juta ton DME, 300.000 ton Methanol, dan 250.000 ton MEG. Saat ini studi kelayakan (feasibility study) sudah rampung dan masuk ke tahap FEED dan EPC. Pabrik ini diharapkan dapat beroperasi di akhir 2023.

 

Related Regular News: