India Stop Impornya, Penurunan Harga Batubara Bertambah

Sumber : https://www.vibiznews.com/2020/04/02/india-stop-impornya-penurunan-harga-batubara-bertambah/

 

Pandemik coronavirus terus menggerus perdagangan batubara di bursa komoditi internasional (ICE) dengan buruknya perdagangan fisik global yang mengakibatkan pasokan bertambah. Hingga saat ini 2 konsumen batubara dunia terbesar telah menahan impor mereka, yaitu China dan India.

Pemerintah India telah mengumumkan adanya lockdown di negeri mereka selama 21 hari sejak tanggal 25 Maret lalu. Keputusan ini membuat aktivitas perdagangan luar negeri juga terhenti termasuk impor batubara. Sebagai informasi, total impor batubara termal pada tahun 2019 di India adalah 181,93 juta mt sedangkan impor batubara coking adalah 48,84 juta mt.

Akibatnya harga batubara acuan NewCastle terus turun hingga akhir sesi Kamis (02/04/2020) ke kisaran US$66, setelah sempat mencapai posisi US$71 akhir pekan lalu. Para pelaku pasar yang memperdagangkan batubara khawatira akan terjadi penurunan permintaan yang signifikan oleh pandemik coronavirus.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan April 2020 ditutup pada posisi 66,70 dollar per ton. Harga komoditas tersebut  turun sebesar 1,15 dollar atau 1,69% dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Sementara itu untuk harga batubara Indonesia (ICI 4) untuk kontrak bulan April di bursa ICE New York, harga tidak berubah di posisi US$32.75 per ton. Untuk harga acuan batubara dalam negeri bulan April belum dirilis oleh Kementrian ESDM.

Related Regular News: