Laba 2019 Emiten Batubara Kompak Susut, Saham PTBA dan ITMG Dinilai Tetap Menarik

Sumber : https://insight.kontan.co.id/news/laba-2019-emiten-batubara-kompak-susut-saham-ptba-dan-itmg-dinilai-tetap-menarik

 

Harga batubara yang merosot tahun lalu berimbas pada penurunan kinerja produsen. Sebelas emiten pertambangan yang telah merilis laporan keuangan mengalami penurunan laba bersih. Maklum saja, sepanjang 2019 harga batubara dunia turun sekitar 30%. Alhasil, penurunan harga jual rata-rata yang dialami emiten tak mampu mengimbangi kenaikan beban produksi.Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Bumi Resources Tbk (BUMI) Dileep Srivastava mengatakan, penurunan harga jual rata-rata batubara mencapai 13% sepanjang 2019.

Penyebabnya adalah perang dagang antara China dengan Amerika Serikat. Ini membuat laba bersih BUMI merosot turun 97,27% dari US$ 220,14 juta pada 2018 menjadi tinggal US$ 6,84 juta pada tahun lalu. "Penurunan laba bersih juga diakibatkan kenaikan harga minyak, kenaikan pembayaran pajak dan penurunan kontribusi yang lebih rendah sejumlah anak usaha," kata Dileep, Selasa (31/3).

Untuk mengatasi penurunan harga batubara, sejumlah emiten mengurangi produksi batubara untuk efisiensi. Head of Investor Relations PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) Regina Korompis menyebut, pengurangan volume produksi dan harga batubara sepanjang tahun lalu menjadi penyebab turunnya kinerja DOID.

Analis MNC Sekuritas Catherina Vincentia mengamini, turunnya kinerja emiten tambang batubara tahun lalu dilatarbelakangi pelemahan harga batubara tahun lalu. "Sektor batubara melemah pada 2019, seiring dengan penurunan harga batubara global sebesar 33,66% secara year on year, yang semakin menekan kinerja perusahaan-perusahaan batubara," ujar Catherina.

Dia merekomendasikan netral untuk sektor pertambangan batubara, mengingat penurunan permintaan batubara secara global. Namun, menilik kondisi pasar saat ini, saham PTBA dan ITMG cukup menarik. Alasannya, valuasi relatif sudah murah, sehingga potensi rebound tinggi.

Related Regular News: