Viral Tumpahan Batubara dari Kapal Tongkang Cemari Laut Labuan Pandeglang

Sumber : https://regional.inews.id/berita/viral-tumpahan-batubara-dari-kapal-tongkang-cemari-laut-labuan-pandeglang

 

Video ceceran limbah debu dan batubara di perairan Labuan, Pandeglang, Banten viral di media sosial, Selasa (21/7/2020). Batubara dan limbah debu itu diduga berasal dari kapal tongkang yang akan memasuki PLTU 2 Labuan untuk melakukan bongkar muat.

Pihak PLTU mengakui adanya tumpahan batu bara ke laut. Limbah debu dan batubara dalam jumlah banyak tersebut berdampak terhadap kerusakan habitat dan biota laut.

Para nelayan mengaku hasil tangkapan mereka berkurang akibat pencemaran laut tersebut. Mereka khawatir habitat biota laut seperti terumbu karang menjadi rusak dan ikan akan mati akibat.

“Hasil tangkapan nelayan jadi berkurang akibat tumpahan limbah debu dan batubara. Sebab, ikan-ikan pada pergi karena lingkungannya tercemar,” kata nelayan pandeglang, Syafrudin.

Dia mengatakan, aktivitas bongkar muat batubara dari kapal tongkang ke PLTU 2 Labuan terjadi setiap hari. Batubara itu dipakai sebagai bahan bakar pembangkit listrik di PLTU tersebut.

“Kalau pas malam hari, debu limbah tidak terlihat. Kami sempat putus asa karena tidak mendapatkan ikan,” katanya.

General Manager Indonesia Power, Zuhdi Rahmanto mengatakan, kemungkinan tercecernya batubara dari kapal tongkang bisa saja terjadi dan dalam kapasitas tidak banyak.

“Debu batubara dalam satu kapal tongkang berbobot ribuan ton tersebut bisa saja terbang terkena angin kencang,” katanya.

Related Regular News: