Pemanfaatan Hilirisasi Batubara untuk Pemulihan Ekonomi

Kompas Talk Bersama dengan Bank Indonesia mengadakan webinar nasional (1/9) dengan tema “Pemanfaatan Hilirisasi Batubara untuk Pemulihan Ekonomi”. Pembicara yang hadir mewakili berbagai pemangku kepentingan yaitu Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Dirjen Minerba Kementerian ESDM RI, Gubernur Kalimantan Selatan, Kepala KPw Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Direktur Utama PT Adaro Power, Direktur Eksekutif APBI-ICMA, serta penanggap aktif dari Perhapi.

Dalam acara tersebut Direktur Eksekutif APBI, Hendra Sinadia mengatakan milestone pengembangan gasifikasi batubara adalah sejak diterbitkannya UU No 3 tahun 2020 dan UU No 11 tahun 2020 karena ada dasar hukum yang lebih tegas dari pemerintah untuk pengembangan batubara atau hilirisasi batubara. Selain dari dua beleid ini, hilirisasi batubara juga didukung dengan UU Cipta Kerja.  "Kunci dari pengembangan hilirisasi batubara adalah keekonomian, ini yang kami dorong bersama bagaimana proyek ini bisa ekonomis," jelas Hendra.

Hendra mengatakan, dari segi pelaku usaha yang berdiri di garda terdepan menjalankan misi ini, banyak harapan yang diinginkan supaya proyek gasifikasi batubara bisa berjalan ekonomis.  "Harapan kami ialah, royalti batubara untuk gasifikasi hingga 0% perihal ini sudah terakomodir dalam UU Cipta Kerja. Kemudian, formula harga khusus batubara untuk gasifikasi karena tidak mudah juga substitusi LPG karena mengikuti harga LPG yang fluktuatif," papar Hendra. 

Related Regular News: