Bawa Misi B20, Kadin-Bloomberg Kolaborasi Gelar Pelatihan Transisi Energi

Sumber: https://kumparan.com/kumparanbisnis/bawa-misi-b20-kadin-bloomberg-kolaborasi-gelar-pelatihan-transisi-energi-1xvMP6hdppF

 

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjalin kolaborasi dengan Bloomberg untuk menggelar pelatihan tentang transisi energi, bagi para pemimpin bisnis di Indonesia. Hal itu diungkapkan Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, yang juga Ketua Dewan Penasihat Business 20 (B20).

 

Kerja sama itu merupakan salah satu buah kegiatan Bloomberg New Economy Forum (BNEF), yang digelar sebagai bagian dari misi B20  dalam Presidensi Indonesia di G20. Bloomberg NEF sendiri digelar di New York, Amerika Serikat (AS), pada Selasa-Rabu (19-20/4).

 

Arsjad Rasjid menuturkan, agenda dua hari di tersebut melahirkan kerjasama lanjutan antara BNEF dengan Kadin Indonesia. Di antaranya, program BNEF Academy Indonesia yang merupakan kolaborasi antara Kadin dengan BNEF.

 

"BNEF Academy ini akan memberikan pelatihan kepada para pemimpin bisnis di Indonesia terkait dengan transisi energi. Baik dari sisi indikator kunci dalam transisi energi, tren, hingga potensinya," kata Arsjad Rasjid, Kamis (21/4).

 

Inisiatif ini, menurutnya sangat penting untuk mendukung para pemimpin bisnis dan eksekutif di Indonesia, dalam mengembangkan model bisnis net zero atau ramah lingkungan. Hal ini akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

 

Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen hingga 40 persen pada 2030 nanti. Sedangkan target emisi nol bersih pada tahun 2060.

 

Menurutnya, tantangan dekarbonisasi yang dihadapi industri besar dan UMKM akan berbeda. Untuk menjembatani ini, Kadin melalui Net Zero Hub akan mengambil peran sebagai wadah kolaborasi bagi investor, perusahaan besar, hingga UMKM dan membantu mencapai target net zero.⁣

 

“Kadin dan Bloomberg akan membantu dunia usaha Indonesia mewujudkan Indonesia yang hijau, tangguh, dan siap menghadapi masa depan,” ujar Arsjad.

 

Dia juga menegaskan bahwa kerja sama ini menjadi awal yang baik bagi kemitraan Kadin dengan Bloomberg. Kolaborasi tersebut sangat penting untuk mendukung pemulihan ekonomi global, yang juga menjadi bagian dari misi Kadin.

 

Menurut rencana, KTT Bloomberg New Economy Forum (Bloomberg NEF) juga akan digelar di Bali sebagai bagian dari agenda side event G20 dan B20. “Karena itu, tahun ini menjadi sangat istimewa dan kami sangat senang menyambut KTT BNEF di Indonesia,” pungkasnya.

Related Regular News: