15 Proyek Batal Karena China Setop Membiayai Proyek Batu Bara

Sumber: https://www.tagar.id/15-proyek-batal-karena-china-setop-membiayai-proyek-batu-bara

 

TAGAR.id, Jakarta - Keputusan China untuk melarang pembiayaan batu bara di luar negeri mengakhiri 15 proyek pembangkit listrik dengan kapasitas sekitar 12,8 gigawatt (GW) yang masih dalam tahap perencanaan. Keputusan itu juga dapat menghentikan proyek berkapasitas 37 GW lainnya yang saat ini masih dalam tahap pra-konstruksi. Informasi tersebut terdapat dalam data sebuah penelitian terbaru.

 

Namun, masih terdapat 18 proyek dengan kapasitas 19,2 GW yang berada di "wilayah abu-abu" dan masih bisa berjalan, setelah mendapatkan pembiayaan dan izin yang diperlukan, ungkap lembaga kajian yang berbasis di Helsinki, Pusat Penelitian Energi dan Bersih Air (CREA), pada Jumat, 22 April 2022.

 

 

Presiden China, Xi Jinping, mengumumkan kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada bulan September 2021 bahwa China, konsumen energi terbesar dunia, akan mengakhiri proyek batu bara di luar negeri. Kebijakan itu diambil sebagai bagian dari kontribusi Beijing terhadap upaya dunia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan iklim.

 

“Pedoman baru menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga dari semua proyek pembangkit listrik tenaga batu bara baru di luar China dan India sekarang akan dibatalkan”

 

China masih membangun sejumlah besar pembangkit listrik berbahan batu bara di dalam negeri. Sekitar 33 GW di antaranya telah memasuki masa konstruksi pada tahun lalu, terbesar sejak 2016 (ah/rs)/Reuters/voaindonesia.com.

Related Regular News: